Nikmati Keindahan Alam Candi Gedong Songo Bandungan

Jika anda berkunjung ke Semarang, tak ada salahnya mampir ke salah satu ikon wisata yang sayang untuk dilewatkan yakni Candi Gedong Songo Bandungan. Candi yang terletak di lereng gunung ini sangat menarik perhatian para wisatawan karena menawarkan keindahan alam yang memukau. Dari segi bangunan candinya, memang tidak jauh berbeda dengan bangunan candi di tempat lainnya, namun sensasi panorama alamnya akan membuat momen liburan anda akan berkesan. Untuk anda yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata candi di ungaran ini, tidak ada salahnya menyimak seluk-beluk terkait wisata Candi Gedong Songo berikut ini.

Selayang Pandang Candi Gedong Songo Bandungan

Candi Gedong Songo Bandungan

Candi Gedong Songo Bandungan merupakan bangunan candi yang terdiri dari sembilan buah candi. Kata Gedong diartikan sebagai bangunan, sementara Songo berarti sembilan. Candi tersebut merupakan candi peninggalan oleh bangsa Hindu pada masa Wangsa Syailendra sekitar abad k-9 M. Candi Gedong Songo Bandungan ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1740 M. Pada awal penemuannya, Raffles hanya mengidentifikasikan tujuh buah candi, sehingga pada awalnya dinamakan Candi Gedong Pitu (Bangunan berjumlah tujuh). Namun pada tahun 1900-1911, Van Stein Callenfels yang merupakan salah seorang arkeolog Belanda berusaha meneliti kembali keberadaan candi tersebut. Alhasil, ditemukan lagi dua buah bangunan candi yang masih dalam satu kesatuan dengan candi sebelumnya, sehingga nama candi diubah menjadi Candi Gedong Songo. Candi ini telah dipugar sebanyak dua kali yakni Candi ini terletak di lereng gunung Ungaran tepatnya di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, sekitar 45 km dari pusat kota Semarang. Lokasi Candi Gedong Songo Bandungan ini sangat strategis karena anda dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa ketika berada di area wisata ini. Candi ini berada pada ketinggian sekitar 1.200 mdpl, sehingga udara yang dimiliki sangat sejuk dan segar. Dengan suhu antara 19-27° C, dijamin anda akan betah karena udara yang bersih dan jauh dari yang namanya polusi udara. Di kompleks wisata ini, anda tidak hanya akan menikmati wisata alam yang mempesona, tetapi juga menyelami sejarah yang ada dibalik pembangunan candi di lereng gunung tersebut.

Fasilitas di Area Candi Gedong Songo Bandungan

Candi Gedong Songo Bandungan juga menawarkan berbagai fasilitas yang membuat anda betah menghabiskan waktu di tempat ini. Lokasinya yang terletak di lereng gunung memang memberikan kelebihan tersendiri bagi candi yang satu ini. Salah satu spot menarik yang dapat anda kunjungi adalah sumber air panas belerang yang letaknya di antara bangunan candi ke-3 dan ke-4. Selain itu Anda juga dapat menikmati sensasi berkuda yang jarang-jarang anda rasakan di lokasi wisata lainnya. Dengan membayar sejumlah uang sewa, anda dapat berkeliling Candi Gedong Songo Bandungan dengan menaiki kuda.

Rute Menuju Candi Gedong Songo Bandungan

Anda yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini, ada beberapa alternative jalur ke Candi Gedong Songo Bandungan ini. Alternatif pertama, jika anda berasal dari arah Solo, maka anda dapat mengikuti rute jalan ke Semarang. Setelah anda sampai pada terminal Bawean, anda akan bertemu dengan pertigaan, ambil kiri sampai ke Ambarawa. Di Pasar Ambarawa, anda akan bertemu dengan pertigaan lagi, ambil kanan hingga sampai pada pertigaan Bandungan. Di sana ambillah jalur kiri hingga menemukan POM Bensin Palbapang Sumowono, kemudian ambil kanan dan ikuti jalan hingga ke lokasi wisata.

Untuk anda yang dari arah Yogyakarta atau Magelang dapat menempuh rute ini yakni mengikuti rute jalan ke Semarang hingga sampai ke daerah Ambarawa. Dari Ambarawa, lokasi wisata sudah dekat, anda tinggal menempuh jarak sekitar 15 km lagi. Di daerah Ambarawa ini anda akan menemukan pertigaan yang lokasinya tidak jauh dari Palagan Ambarawa, kemudian ambil ke kiri hingga bertemu dengan pertigaan Bandungan. Setelah itu anda dapat mengambil jalur kiri hingga bertemu dengan POM Bensin Palbapang dan ada pertigaan, ambil arah ke kanan dan ikuti jalan hingga sampai ke Candi Gedong Songo Bandungan.

Tiket Masuk Candi Gedong Songo Bandungan

Harga tiket untuk masuk ke lokasi wisata Candi Gedong Songo Bandungan ini terbilang cukup terjangkau. Harga umum untuk wisatawan lokal di atas usia 5 tahun akan dikenai biaya Rp6.000,- dan untuk wisatawan mancanegara akan dikenai biaya Rp50.000,-. Untuk menjangkau setiap lokasi candi, anda tidak perlu bercapek-capek dengan jalan kaki, sebab sudah ada jasa penyewaan kuda yang cukup murah. Untuk naik kuda paket ke Candi Gedong Songo Bandungan saja anda cukup mengeluarkan uang Rp70.000,- sementara wisatawan mancanegara harus mengeluarkan biaya Rp90.000,-

Demikian sedikit ulasan tentang Candi Gedong Songo Bandungan yang mungkin dapat anda jadikan pilihan tepat untuk menghabiskan masa liburan kali ini di wisata ungaran bersama keluarga. Selamat berlibur dan bersenang-senang.

0 komentar:

Posting Komentar