Keindahan Dan Daya Tarik Wisata Curug Lawe Ungaran

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Wisata Curug Lawe Ungaran. Namun sebelumnya kita akan membahas tentang kota Ungaran terlebih dahulu. Ungaran adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki segudang kekayaan alam yang berlimpah. Ibu kota dari Semarang Jawa Tengah ini letaknya tidak jauh dari kota Semarang itu sendiri. Jika anda berkunjung ke kota ini anda akan menemukan banyak sekali rumah makan di sepanjang jalan kota tersebut. Hal ini disebabkan karena Ungaran merupakan jalur utama untuk kendaraan-kendaraan yang berjalan dari Semarang menuju ke Solo dan Yogyakarta. Karena banyaknya rumah makan inilah maka kota Ungaran ini juga disebut dengan Kota Seribu Rumah Makan.

wisata curug lawe ungaran

Kota Ungaran ini memiliki banyak peninggalan-peninggalan yang berupa gedung-gedung seperti misalnya Gedung Kuning dan juga Benteng Diponegoro. Dan tidak hanya itu saja namun ada juga makam Gatot Soebroto yang tepatnya berada di Kelurahan Sidomulyo di Ungaran Timur. Di kota Ungaran ini anda juga tidak hanya akan menemui rumah makan yang berjejer di jalanan namun anda juga akan menemui beberapa pabrik besar seperti Pepsi, Nissin, Batamtex, Ungaran Sari Garment dan masih banyak lagi pabrik besar lainnya di Ungaran ini.

Selain banyaknya rumah makan dan juga pabrik besar, terdapat beberapa kekayaan alam yang menjadi salah satu daya tarik dari kota Ungaran ini. Bagi anda para traveller tentunya akan sangat tertarik dengan beberapa wisata alam yang disuguhkan disini. Terlebih lagi objek-objek wisata alam di Ungaran ini masih sangat alami dan sangat asri sehingga sangat cocok bagi para pecinta alam yang gemar untuk berpetualang di alam terbuka yang masih bebas. Selain keasriannya, wisata alam di Ungaran juga menyuguhkan suasana khas pedesaan yang tidak dapat kita jumpai di daerah perkotaan.

Dan salah satu wisata alam yang sangat digemari di Ungaran yaitu Curug. Sebenarnya di Ungaran terdapat dua objek wisata curug yakni Curug Lawe dan juga curug Benowo. Namun yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah objek wisata alam Curug Lawe karena Curug Lawe tersebut terbilang unik dengan jumlah air terjun yang sangat banyak. Berbeda dengan Curug Benowo yang hanya memiliki beberapa air terjun saja. Karena alasan inilah Curug Lawe juga menjadi curug yang sangat digemari oleh para pecinta alam.

Asal Muasal Nama Curug Lawe

Bagi anda yang mencintai wisata alam tentu akan sangat menyukai tempat wisata yang satu ini karena wisata Curug Lawe Ungaran ini termasuk masih sangat alami dan masih sangat asri. Sehingga nuansa alam yang akan anda dapatkan di Curug Lawe ini sangat berbeda dengan wisata alam lain yang telah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lalu apa sebenarnya makna dari nama Wisata alam Ungaran Curug Lawe ini? Konon nama Curug Lawe ini berasal dari jumlah air terjun yang berjumlah 25 (dua puluh lima) yang dalam bahasa Jawa adalah Selawe. Karena kata Selawe (25) tersebutlah maka curug itu dinamai dengan nama Curug Lawe.

Lokasi Curug Lawe

Dan jika anda ingin berkunjung ke Curug Lawe ini bisa langsung datang ke desa Kalisidi yang sekarang lebih sering disebut dengan nama Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk lebih tepatnya lokasi objek wisata Curug Lawe ini berada sejauh 7 kilometer dari kota Ungaran itu sendiri atau jika dari Kota Semarang maka jaraknya adalah sekitar 12 kilometer. Untuk lebih mudahnya berikut ini adalah rute jalan jika anda ingin mengunjungi wisata Curug Lawe tersebut.

Bagi anda yang datang dari arah alun-alun kota Ungaran anda bisa langsung ambil arah ke Mapagan yang bisa anda tempuh memalui jalan tembus ke Boja. Setelah itu jika anda sudah sampai di Boja maka anda bisa ambil belokan ke kiri yang menuju ke desa Sumur Gunung yang mana desa ini juga tidak jauh dari kampus Unnes atau Universitas Negeri Semarang. Selanjutnya setelah anda sampai di Sumur Gunung anda akan menjumpai pertigaan Sumur Gunung yang kemudian anda terus saja menuju ke arah selatan hingga nantinya anda akan menjumpai perkebunan cengkeh Zanzibar yang menghaar sekitar 3 kilometeran.

Di area perkebunan tersebut anda akan menghadapi kondisi jalan yang menanjak dengan tingkat kemiringan yang sangat bervariasi oleh karena itu anda harus sangat berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Setelah anda sampai di perkebunan ini anda bisa langsung memarkirkan kendaraan yang anda bawa di sebelah guest house. Kemudian berikutnya anda masih harus berjalan ke arah curug Lawe tersebut. Jika anda berjalan kaki mungkin akan menghabiskan waktu sekitar 30 menitan untuk menuju ke wisata Curug Lawe Ungaran tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar