Menikmati Segarnya Air Terjun Semirang Ungaran

Semarang tidak hanya mempunyai bangunan bersejarah yang apik ataupun kulinernya yang enak-enak. Kota lumpia ini juga mempunyai berbagai destinasi wisata alam yang menarik, salah satunya Air Terjun Semirang Ungaran. Ungaran merupakan salah satu kota di Kabupaten Semarang yang selalu menjadi sasaran para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Kota ini terletak tepat di bagian selatan Kota Semarang. Wilayah perkotaan Ungaran meliputi kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Sebagian wilayah kota, merupakan daerah padat penduduk yang berada di sepanjang jalan protokol Jalan Jend. Gatot Subroto, Jalan Jend. Sudirman, Jalan Diponegoro, dan Jalan Ahmad Yani.

Air Terjun Semirang Ungaran semarang

Objek wisata yang menarik yang harus anda coba di Ungaran adalah Gunung Semirang. Wisata alam sangat cocok bagi mereka yang lelah akan hiruk pikuk ramainya kota berpenduduk padat. Kawasan wisata ini menawarkan kesejukan hutan Gunung Semirang. Selain itu, bagi anda yang masih ingin berlama-lama menikmati udara segar, dapat melakukan camping di kaki bukit gunung. Yang tidak kalah seru adalah anda dapat menikmati gemercik air terjun dalam hutan. Tentunya air terjun ini sangat alami karena berasal dari sumber mata air Gunung Semirang. Sangat menyejukkan dan seketika rasa penat letih terasa hilang terbawa kesejukan air terjun.

Jalanan Menuju Air Terjun Semirang Ungaran

Untuk sampai ke lokasi anda bisa melewati Jalan Raya Semarang-Solo sampai melewati Hotel Ungaran Cantik. Setelah itu belok kanan jalan lurus. Anda akan menempuh jalan sekitar 3 km dan melewati beberapa dusun hingga tiba di tempat parkir di depan makam desa Gogik. Tempat parkir ini sebenarnya adalah sebuah lahan penduduk yang dipagari dan dijaga oleh karang taruna setempat. Apabila anda membawa kendaraan pribadi, maka mobil atau sepeda motor harus diparkirkan di Desa Gogik yang merupakan tempat terdekat sebelum pintu masuk lokasi. Setelah memarkir kendaraan, anda akan berjalan kaki melewati jalan setapak yang menanjak sekitar 1 km menuju gerbang. Usai melewati pintu masuk, jalanan yang dilewati cukup menanjak dan sebelah kanan kiri terdapat camping ground.

Menuju pintu gerbang menggunakan sepeda motor sebenarnya masih memungkinkan untuk anda lakukan. Namun dengan kondisi jalanan yang sangat licin, membuat anda yang menggunakan sepeda motor harus ekstra hati-hati. Jarak yang ditempuh tidak akan melelahkan ketika menembus rindangnya pepohonan Gunung Semirang dan menikmati sejuknya udara. Disamping sambutan rindangnya pepohonan, anda juga akan berjalan menyusuri sungai yang jernih. Kejernihan air yang berasal dari sumber Air Terjun Semirang menambah rasa takjub akan keindahan yang bisa dinikmati para pengunjung.

Sampai di Air Terjun Semirang, rasa lelah anda akan terbayar lunas dengan keindahan air terjun ini. Curug yang menjulang tinggi ini mengaliri tebing yang dibalut hijaunya daun-daun. Cobalah sensasi mandi dan bersantai menikmati sejuk dan segarnya Air Terjun Semirang di atas batu- batu besar. Dijamin, rasa pegal setelah berjalan jauh dan menanjak akan berangsur hilang terbawa aliran air yang bening.

Retribusi Masuk Kawasan Air Terjun Samirang

Wisata Air Terjun Semirang Ungaran bisa dibilang murah meriah. Biaya masuk yang dikenakan sebesar Rp 5 ribu dan parkir Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu. Jadi hanya dengan mengeluarkan biaya maksimal Rp 10 ribu, anda sudah dapat menyaksikan pemandangan yang masih alami, menghirup udara segar, dan merasakan kesegaran mandi dibawah air terjun yang tingginya kurang lebih 45 meter. Tersedia pula pos jaga yang dapat digunakan untuk bersinggah ketika anda lelah berjalan. Anda bisa beristirahat serta menikmati sejenak suara angin, gemericik air, dan kicauan burung. Setelah mencapai puncak, di sana ada tenda-tenda kecil atau warung yang menjual makanan dan minuman. Namun sayangnya tempat ini tidak menjual souvenir.
Setelah berkunjung ke Curug Semirang ini, anda bisa melanjutkan liburan anda ke Candi Gedong Songo dan Umbul Sidomukti. Karena letak kedua objek wisata tersebut lumayan dekat dengan Air Terjun Semirang. Anda cukup menempuh perjalanan sekitar 30 hingga 60 menit dengan kendaraan pribadi. Ataupun jika anda sedang perjalanan menuju Yogyakarta, anda bisa datang ke Museum Kereta Api Ambarawa yang satu arah menuju kota Yogyakarta.

Tidak perlu bayar mahal jika ingin berlibur di tempat yang menyejukkan pikiran. Tidak perlu pergi ke puncak yang otomatis akan menambah kelelahan karena kemacetan jalanan puncak. Tips bagi anda yang ingin berkunjung ke kawasan wisata Air Terjun Semirang, baiknya anda berangkat lebih pagi. Selain matahari belum terik, pengunjung juga belum banyak yang datang. Sehingga suasana masih sepi serasa air terjun milik sendiri. Dan hindari musim hujan, karena jalanan menjadi lebih licin. Tunggu apalagi segera datang dan nikmati wisata Air Terjun Semirang Ungaran.

0 komentar:

Posting Komentar